Selasa, 21 April 2009

Bagaimana Meyakinkan Boss anda untuk Mengalokasikan Dana Untuk Pemasaran.

Banyak orang yang berpikir bahwa biaya pemasaran atau iklan adalah pemborosan belaka. Padahal, mengembangkan bisnis tanpa mengalokasikan biaya untuk penjualan dan pemasaran ibarat memiliki mobila tanpa mengalokasikan biaya untuk bahan bakarnya.

Banyak boss dan pemilik perusahaan yang mendorong kita supaya meningkatkan penjualan tetapi tidak mau mengeluarkan biaya pemasaran. Bagaimana meyakinkan bos atau pemilik perusahaan untuk mengalokasikan biaya pemasaran dan membantu agar perusahaannya berkembang?

Berikut ini adalah 5 hal yang harus anda lakukan:

1. Tentukan Target Penjualan


Langkah pertama adalah memperjelas target penjualan. Jangan meminta uang untuk biaya pemasaran pada bos atau pemilik perusahaan; namun tanyakan pada boss atau pemilik perusahaan anda:

· Berapakah penjualan tahun lalu?

· Berapa prosen dari target pasar menggunakan produk atau jasa kita?

· Berapa pelanggan lagi yang akan kita targetkan tahun ini?

· Berapa besar pertumbuhan bisnis yang akan ditargetkan tahun ini?

· Area bisnis yang mana yang memiliki potensi terbesar untuk dikembangkan?

Bantu boss atau pemilik perusahaan menentukan peningkatan penjualan dibandingkan dengan tahun lalu. Ketika target tersebut telah ditentukan, anda akan semakin mudah mendapatkan sumber-sumber untuk mendapatkannya.

2. Tekankan apa yang akan terjadi jika tidak melakukan perubahan

Langkah selanjutnya adalah memperjelas apa yang akan terjadi jika anda tidak merubah pemasaran anda. Tanyakan pertanyaan-pertanyaan seperti:

Jika kita melaksanakan pemasaran yang sama dengan tahun lalu (tidak membudgetkan biaya untuk pemasaran)

· Apakah penjualan akan meningkat atau turun?

· Apa pengaruhnya terhadap pendapatan?



3. Mengatasi resistansi mengeluarkan biaya pemasaran

Pada saat berbicaradengan boss anda, persiapkan jawaban untuk keberatan-keberatan yang anda perkirakan. Kebanyakan pemilik bisnis bisa berhasil karena sikapnya yang hati-hati terhadap pengeluaran. Lebih sedikit biaya berarti lebih banyak keuntungan. Ketika boss atau pemilik perushaan mengatakan, “ Iklan tidak ada hasilnya” atau saya sudah mencoba melakukan pemasaran di masalampau dan tidak ada gunanya”, persiapkan respon atau jawaban anda.

Cara terbaik untuk mengatasi keberatan bukanlah dengan meng-counter-nya, namun dengan setuju dengan perkataan boss atau pemilik perusahaan dan tanyakan pertanyaan lanjutan untuk membantu dia memahami mengapa marketing di masa lampai tidak bermanfaat. Misalnya anda bisa mengatakan:

Anda benar; calon pelanggan kita tidak merespon iklan kita.

· Apakah kita telah menjangkau target pasar kita?

· Apakah iklan kita sudah pada media dan waktu yang tepat?

· Jika pesan pemasaran kita tidak mendapatkan respon yang baik, bagaimana kalau mencoba pesan pemasaran yang lain?

· Gunakan pertanyaan-pertanyaan untuk membantu boss atau pemilik perusahaan memahami mana strategi pemasaran yang jalan mana yang tidak dan kenapa.

4. Tentukan Besarnya Biaya yang Dibutuhkan untuk mencapai target

Ketika pemasaran anda berjalan dengan baik, keuntungan yang anda peroleh akan jauh lebih besar dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan. Perusahaan baru biasanya menghabiskan antara 25% s/d 50% dari pendapatan bersih (net revenue) untuk pemasaran; sedangkan perusahaan yang sudah mapan menghabiskan 5% s/d 15%


Yang harus anda lakukan adalah membantu boss atau pemilik perusahaan menentukan jumlah biaya untuk pemasaran yang dikaitkan dengan target pertumbuhan perusahaan. Tanyakan beberapa pertanyaan seperti:

· Berapa banyak yang telah anda invetasikan untuk mengembangkan perusahaan?

· Berapakah prosentase revenue pada perusahaan sejenis setiap tahunnya untuk pemasaran?

· Jika kita dapat meningkatkan pendapatan s/d 50% tahun ini, berapakah keuntungan perusahaan?

· Jika kita bisa meningkiatkan dua atau tiga kali lipat keuntungan dengan meningkatkan biaya pemasaran pemasaran, apakah anda tertarik?

Berapa banyak yang anda mau investasikan untuk pemasaran dalam rangka meningkatkan pendapatan tahun ini?

5. Buat Rencana Pemasaran

Boss atau pemilik perusahaan ingin mendapatkan kepastian dalam bentuk rencana pemasaran yang baik sebelum dia mengalokasikan biaya. Menghabiskan uang untuk pemasaran dan penjualan sangat mudah, namun anda membutuhkan strategi pemasaran yang baik supaya mendapatkan hasil yang memuaskan. Beberapa pertanyaan yang harus anda jawab sendiri adalah:

Jika saya bisa membuat boss atau pemilik perusahaan mengalokasikan lebihbanyak uang untuk biaya pemasaran:

· Apakah cara yang paling efektif untuk mendapatkan atensi?

· Apakah kita bisa memperbaiki pesan pemasaran kita?

· Bagaimana mendapatkan lebih banyak “lead”?

· Bagaimana meningkatkan tingkat konversi dari calon pelanggan menjadi pelanggan?

· Bagaimana meningkatkan jumlah pembelian per pelanggan?

Orang enggan membelanjakan uang untuk pemasaran jika mereka telah mempunyai pengalaman buruk di masa lampau atau tidak melihat dengan jelas menfaatnya. Bantulah boss atau pemilik usaha memahami apa yang salah dengan rencana pemasaran yang lalu dan tunjukan keuntungan finansial dengan berinvestasi dalam pemasaran. Anda tidak akan menemui kesulitan yang berarti dalam mendapatkan alokasi dana untuk pemasaran, dan anda akan berada pada jalur yang benar dalam mengembangkan perusahaan.

4 komentar:

Pengikut