Senin, 20 April 2009

3 Cara Mengalahkan Resesi Ekonomi

Tahun ini hampir semua bisnis kemungkinan mengalami penurunan penjualan dan keuntungan. Sembilan dari sepuluh pebisnis akan mempunyai alasan serupa mengapa bisnis mereka turun. Apakah kira-kira alasan umum mereka?

- Ekonomi

- Lebih sedikit orang membeli

- Kita sudah coba berbagai cara tetapi tidak ada hasilnya.

Jika itu banar, mengapa beberapa bisnis pada saat yang sama mengalami mengalami pertumbuhan?.

Memang benar ekonomi mengalami penurunan yang mengakibatkan rata-rata penjualan juga turun, namun yang jadi masalah adalah 9 dari 10 orang melakukan hal yang sama terus menerus. Mereka tetap memasarkan bisnis mereka dengan cara yang sama ketika pada saat ekonomi berjalan baik. Tentu saja ini tidak akan jalan.

Hanya 1 orang dari 10 dan saya harap anda adalah orangnya cukup cerdik. Mereka mengetahui bahwa bisnis tidak sedang tumbuh, bahkan sedang mengalami penurunan penjualan, sehingga mereka sadar bahwa mereka harus merubah cara memasarkan bisnis mereka. Orang-orang yang selalu mencari strategi untuk menghasilkan keuntungan seperti inilah yang akan meraih sukses dalam keadaan ekonomi seperti apapun juga.

Jika anda tipe orang yang selalu mencari solusi, bukan tipe orang yang mencari-cari alasan, berikut ini kami berikan 3 langkah sederhana supaya bisnis anda senantiasa pada jalur yang benar dan tetap mendapat keuntungan.

1. Tetap percaya diri

Kesalahan terbesar adalah kehilangan kepercayaan pada produk dan jasa anda. Meragukan keunggulan produk/ jasa anda dan meragukan kemampuan anda untuk memperbaiki pemasaran dapat membunuh bisnis anda. Anda talah kalah dalam pertarungan sebelum pertarungan dimulai. Konsumen anda akan melihat kegamangan anda dan mereka akan membeli dari pesaing anda yang kelihatan lebih percaya diri.

2. Tetap Fokus Pada Kekuatan Inti

Anda jelas-jelas berbisnis pada situasi ekonomi yang sangat berbeda jika anda menilik ke belakang, beberapa tahun atau bulan yang lalu. Strategi pemasaran yang mungkin telah membantu bisnis anda tetap eksis di masa lalu mungkin tidak akan dapat menolong lagi jika dipakai pada pasa kini.

Untuk dapat sukses dalam ekonomi seperti sekarang, bisnis anda harus lebih focus dan terspesialisasi. Perusahaan besar, yang menjual barang mulai jarum pentul sampai tank baja harus tutup, tetapi saya melihat banyak usaha kecil bahkan dapat tetap berjalan baik. Perusahaan kecil yang mencoba menyediakan terlalu banyak produk atau jasa mulai terseoki seok karena calon pelanggan tidak mengetahui dengan jelas keunggulan mereka.

Sebaliknya, bisnis dengan target pasar yang sangat spesifik bisa bertahan bahkan tumbuh. Bisnis on line juga mulai tumbuh seperti bisnis pelayanan pembukuan on line , atau perusahaan-perusahaan yang menjual produk yang sangat spesifik lainnya.

3. Cari Tahu Bagaimana Menarik Lebih Banyak Pembeli

Sebetulnya banyak sekali pembeli di luar sana. Yang anda perlu lakukan andalah menarik lebih banyak dari mereka. Langkah pertama untuk meningkatkan keuntungan anda adalah mencari tahu bagaimana:

- Membantu lebih banyak orang mengetahui bagaimana anda dapat menolong mereka.

- Mendapatkan kepercayaan dari mereka sehingga anda dapat memberikan apa yang mereka inginkan.

- Berikan mereka alasan penting mengapa mereka harus membeli dari anda.

2 komentar:

Pengikut