Selasa, 21 April 2009

Bagaimana Membesarkan Usaha Anda

Bisnis adalah bagaikan sebuah kapal. Tujuan usahan anda adalah mencapai suatu tujuan, apakah itu menuju kekayaan, kebahagiaan atau keduanya.

Pertanyaanya sekarang adalah: Apakah anda kaptennya atau crew, juru masak, atau semuanya sekaligus?

Apakah anda menjual produk atau jasa, anda perlu tahu bagaimana membuat rencana pemasaran yang baik dan bagaimana cara menerapkannya. Anda harus tahu bagaimana memanfaatkan iklan dan PR dan bagaimana mem-follow up aktifitas ini untuk meningkatkan penjualan. Kemudian ada beberapa aktifitas seperti melayani, menagih, menyusun pembukuan, dll.

Memasarkan, mengelola, memberikan produk atau jasa adalah aktifitas yang sangat majemuk. Untuk pemasaran sendiri, anda akan membutuhkan keahlian dalam membuat strategi pemasaran, menulis conten iklan yang menarik, mendisain iklan, brosur, web, mengumpulkan testimony dll.

Apakah anda mencoba semua ini sendirian atau dengan beberapa staf? Apakah anda meninggalkan aktifitas yang sangat penting karena tidak cukup waktu untuk dilakukan semuanya?

Jika anda dapat dengan cepat mendapatkan keahlian yang anda butuhkan untuk memasarkan produk atau jasa anda, anda akan lebih cepat menjadi kapten di perusahaan anda dan mendapatkan keuntungan yang lebih sesar.

Mungkin anda bertanya pada siri sendiri,” Saya akan mempekerjakan konsultan ketika omzet saya mencapai target sekian”.

Namun, bukankah sekarang anda sudah bekerja dengan kapasitas 100% atau bahkan lebih?

Dengan waktu dan keahlian yang sama, anda akan mendapatkan hasil yang sama di masa lalu. Jika anda ingin mengembangkan usaha anda, anda memerlukan bantuan, apakah itu untuk masalah strategi pemasaran, pembukuan, maupun hal lainnya. Dengan cara ini anda bisa lebih focus pada bisnis utama anda.

Mungkin anda berpikir menyewa konsultan itu mahal. Salah besar. Lihatlah sekeliling anda, banyak teman, tetangga, dosen bisnis atau konsultan bisnis kecil yang bisa dibayar sangat negotiable, disesuaikan dengan skala usaha anda. Jika usaha anda sudah besar, bisa saja anda mulai berpikir untuk menyewa konsultan besar. Yang penting usaha anda bisa lebih berkembang.

Hal lainnya adalah mindset anda sebagai entrepreneur. Anda jangan berpikir anda tahu segalanya tentang bisnis anda. Jangan-jangan anda hanya tahu soal produk atau jasa yang anda produksi, tetapi anda bisa saja kurang paham tentang pengembangan pegawai, system reward yang meritokratis, promosi, pembukuan, system inventory dll. Pikiran terbuka adalah kunci sukses anda- terbuka akan perubahan, ide-ide baru dll.

Dari pengalaman penulis, kebanyakan pemilik bisnis kecil biasanya hanya tahu masalah produksi. Mereka memerlukan bantuan terutama dalam hal pemasaran, pembukuan, bagaimana merencanakan bisnis ke depan, bagaimana berhubungan dengan perbankan; --menulis proposal pinjaman yang bankable.

Dengan bantuan konsultan memang tidak serta merta bisnis anda berkembang pesat, tetapi dengan fondasi bisnis yang baik, lambat laun bisnis anda akan berkembang.

Sebagai kapten, anda bisa mendelegasikan sebagian pekerjaan kepada orang lain dan mendapatkan bantuan dari konsultan untuk mencapai tujuan bisnis anda.

Untuk anda yang memiliki usaha kecil atau berencana untuk berusaha/ berwirausaha, silahkan anda tulis pertanyaan anda seputar usaha dan mengembangkan usaha kecil, kami siap membantu anda melalui rublik ini. (Iyan Radiana, Merhid-I Consulting Bandung)

3 komentar:

  1. artikel diatas sesuai dengan apa yang saya alami saat ini, mohon bantuan untuk bisa memasarkan jasa kami sehingga bisa lebih berkembang lagi, kami adalah konsultan pajak yang memiliki kualitas lebih dari kompetitor kami, tetapi kami tidak bisa memasarkan jasa kami karena kami memang sadar bahwa kami tidak bisa marketing, mohon bantuannya

    BalasHapus
  2. artikel yang bagus.. untuk konsultan pajak hubungi kami di www. bristoltaxservice.com

    BalasHapus

Pengikut