Selasa, 21 April 2009

Apa yang salah dengan strategi pemasaran anda?

Apa yang salah dengan strategi pemasaran anda?

Pernahkan anda berpikir kenapa calon pembeli tidak jadi beli?

Anda mungkin pernah mengalami situasi ini. Anda memiliki calon pelanggan potensial di telpon atau anda sedang bertemu dengannya dan mereka setuju bahwa produk atau jasa anda benar benar yang mereka butuhkan. Kemudian ketika anda menyebutkan harganya, mereka geleng kepala. Mereka bilang akan pikir pikir dulu atau mereka perlu bicara dulu dengan x atau mengatakan terus terang bahwa harganya terlalu mahal.

Ketika calon pelanggan yang memerlukan produk atau jasa anda tidak jadi mengadakan pembelian, biasanya bukan karena masalah harga. Ketika calon pelanggan tidak membeli, menurunkan harga tidak menjamin akan terjadi pembelian.

Mengapa harga bukan masalah

Biasanya ketika calon pembeli tidak membeli atau keberatan dengan harga, masalah sesungguhnya adalah mereka belum mengerti nilai dari produk atau jasa anda. Dan ini bukan kesalahan mereka; ini andalah kesalahan strategi pemasaran anda. Apapun yang anda jual, harga yang anda berikan adalah berdasarkan persepsi calon pelanggan anda mengenai nilai dari produk atau jasa anda bagi mereka.

Ketika calon pelanggan anda keberatan mengenai harga atau meninggalkan anda tanpa mengadakan pembelian, ini merupakan pertanda bahwa strategi pemasaran anda tidak melakukan tugasnya dengan baik. Anda tidak memberikan informasi yang mereka butuhkan untuk memahami tantang apa manfaat produk atau jasa anda buat mereka, sehingga mereka tidak membeli dari anda.

Bagaimana meningkatkan penjualan

Ingin menghindari keberatan harga, menjual ke lebih banyak orang dan bahkan menaikan harga?

Karena harga yang akan dibeli oleh calon pelanggan berkaitan langsung dengan pemahaman mereka mengenai nilai dari produk atau jasa anda, maka semakin tinggi persepsi tentang nilai produk atau jasa anda, semakin tinggi pula yang dapat anda charge kepada mereka.

Survey membuktikan bahwa kebanyakan manager atau pemilik bisnis kecil melakukan kesalahan dimana mereka kurang memberikan informasi mengenai nilai dari rpduk atau jasa mereka.

Menentukan nilai produk berdasarkan keinginan calon

Solusinya sederhana. Tanyakan pertanyaan yang benar supaya calon pelanggan bercerita tentang sasaran dan kebutuhan mereka. Setelah anda mempunyai gambaran mengenai sasaran dan kebutuhan mereka, gunakan informasi tersebut untuk menjelaskan mengenai produk atau jasa yang anda berikan, maka jelaslah (jika anda cukup pintar) bahwa produk atau jasa anda merupakan solusi yang sempurna untuk memecahkan masalah calon pelanggan anda.

Hasilnya? Sebagai ganti menurunkan harga, naikan harganya, niscaya anda akan mendapatkan lebih banyak keuntungan. Ini terutama berlaku untuk barang atau jasa yang tidak ada kemiripannya di pasar, sehingga calon pelanggan anda sulit membandingkannya.

Ketika calon palanggan benar-benar memahami bagaimana mereka akan lebih baik atau lebih sukses dengan menggunakan produk atau jasa anda, akan lebih banyak orang lagi yang ingin membeli dari anda dan mereka akan dengan senang hati membayarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut