Selasa, 21 April 2009

Bagaimana Meraih pelanggan dengan Push Kemudian Pull Marketing

Marketing ibarat mendayung. Anda dayung ke belakang, perahu akan maju ke depan. Jika anda mendorong (push) padahal seharusnya anda tarik (pull), perahu anda akan mundur, atau bahkan bisa terbalik. Ini berlaku juga dalam pemasaran anda.

Salah satu kesalahan terbesar dalam pemasaran mereka adalah mereka hanya mengeluarkan (push) informasi produk/ jasa mereka kepada calon pelanggan dan berharap akan menarik perhatian calon pelanggan untuk melakukan pembelian. Jika merek produk atau jasa sudah sangat memasarakat atau permintaannya tinggi sekali pendekatan ini bisa dilakukan untuk menarik calon pelanggan sebanyak mungkin. Namun jika sebaliknya, pendekatan jarang sekali menarik calon pelanggan.

Dalam pemasaran bisnis usaha kecil, biasanya, mereka menyebarkan brosur, surat penawaran, menelpon ratusan orang dan hanya mendapat respon yang sangat terbatas. Ini terjadi bukan disebabkan kurangnya usaha, namun memang karena cara tersebut tidak.

Anda harus menemukan cara bagaimana memberikan informasi yang dibutuhkan calon pelanggan sehingga pemasaran anda mendatangkan respon yang besar.

Salah satu alternatif untuk mengganti pemasaran Push Marketing, yaitu memberikan informasi dan berharap mereka tertarik, adalah dengan menarik (PULL) calon pelanggan dan kemudian, dengan cara membangun relationship, PUSH informasi kepada mereka. Jika anda ingin agar calon pelanggan ingan nama peursahaan anda ketika mereka membutuhkan produk atau jasa anda, mulailah dengan hal-hal yang membuat mereka tertarik.

Munculkan ketertarikan dengan menfokuskan pada apa yang diinginkan calon pelanggan dan pada masalah-masalah yang ingin diatasi calon pelanggan. Gunakan strategi pemasaran berbasis pelanggan ini untuk mendorong calon pelanggan masuk supaya anda dapat mendemonstrasikan keahlian anda kepada mereka. Berikan mereka ide-ide yang dapat mereka terapkan, bukan informasi mengenai kehebatan anda atau perusahaan anda. Seperti mendayung perahu, anda tidak akan bergerak jauh kecuali anda mengulangi urutan ini tertus menerus.

Apakah anda menarik calon pelanggan atau hanya memberikan informasi? Evaluasi materi pemasaran anda untuk melihat apakah urutannya sudah betul. Lihat web site, brosur, newsletter, surat penawaran dan proposal anda.

Anda harus menemukan urutan yang benar supaya calon pelanggan anda membanjiri anda dengan permintaan mengenai produk atau

Taktik PULL - 'Ter-pusat pada pelanggan’
Apakah materi pemasaran anda:

1. Mulai dengan mengidentifikasi secara jelas ceruk pasar anda?

2. Mulai dengan masalah yang dihadapi pelanggan?

3. Menggunakan kedua elemen itu untuk menciptakan gambaran yang bisa teridentifikasi oleh target pasar?

4. Memberikan ide-ide cemerlang yang dapat digunakan target pasar dan yang sekaligus memperlihatkan keahlian anda?

Taktik PUSH - Terpusat pada Anda
Apakah materi pemasaran anda

1. Terfokusi pada anda, produk dan staf anda?

2. Terfokus pada testimony dan daftar pelanggan?

Manakah yang lebih baik? Keduanya. Tantangannya adalah pada penekanan dan urutan yang benar. Urutan push kemudian pull marketing yang berfungsi baik dalam mengembangkan bisnis melibatkan hal hal berikut:

1. Menciptakan sumber-sumber yang menarik calon pelanggan ke arah anda dan perusahaan anda.

2. Membuat calon pelanggan memberikan informasi mengenai mereka (Sebagian besar perusahaan membiarkan lebih dari 99% informasi terbuang begitu saja dan tidak pernah ada follow upnya. 80% potensi pembelian hilang karena kurangnya follow up)

3. Push (berikan) informasi penting kepada calon pelanggan potensial secara reguler. (Ingat kebanyakan pembeli tidak akan membeli sampat mereka kontak dengan anda minimum 5-6 kali

Ketika calon pelanggan membutuhkan sesuatu, mereka akan menghubungi perusahaan dimana dia selalu berhubungan dan yang dia percayai. Pada titik tertentu calon pelanggan akan ingin tahu secara detail tentang produk atau jasa anda, testimuni dll. Namun, biasanya, ini adalah informasi terakhir yang perlu anda berikan.

Gunakan strategi pemasaran pull kemudian diikuti dengan push supaya pemasaran anda berjalan. Anda akan kaget ketika anda melihat calon pelanggan dan daftar pelanggan anda bertambah dan bisnis anda mendapatkan momentum.

13 komentar:

  1. Wow, amazing weblog format! How long have you ever been running
    a blog for? you made blogging look easy. The total
    look of your web site is magnificent, let alone the
    content material!

    My web page ... fuck buddies; ,

    BalasHapus
  2. On the web threats transform with each and every passing day, as new frauds and cyber assaults evolve together with electronic existence.
    In the video game, the participant should line up a few or more 'candies' in order to accomplish the ranges plans.
    Have you at any time acquired any extras in the activity to get previous
    amounts.

    Look into my homepage clash of clans hack

    BalasHapus
  3. It's a good content. We thank you. We wish you continued success.
    Ankara
    Karabük
    Kilis
    Düzce
    Batman
    Antalya
    Artvin
    Aydın
    Balıkesir

    BalasHapus
  4. Congratulations on your article, it was very helpful and successful. c15ae5edbf2ebd454ceffd0ec3744896
    website kurma
    sms onay
    website kurma

    BalasHapus
  5. Thank you for your explanation, very good content. d46d44ab34a0ae030c0e4f77c563721e
    define dedektörü

    BalasHapus
  6. Thanks for your article. 72a8703b63e45c4f65873c464b37ddaa
    evde iş imkanı

    BalasHapus

Pengikut