Selasa, 21 April 2009

Bagaimana menciptakan penawaran yang tidak dapat ditolak

Pernahkah anda menyebarkan brosur dan hampir tak ada respon sama sekali?

Apakah anda terlibat dalam memasarkan produk orang lain atau memasarkan produk sendiri, anda tahu bagaimana frustrasinya ketika anda gagal mandapatkan apa yang anda inginkan. Setelah berhari-hari mendesain layout, mengumpulkan alamat, memposkan brosurnya, lalu apa yang anda dapatkan? Sering-seringnya hanya jadi penghamburan tenaga, waktu dan uang saja.

Terus solusinya apa? Berhenti nebarkan brosur atau direct mail atau berhenti beriklan sekalian?

Bukan- bukan itu masalahnya. Direct mail atau iklan bisa bermanfaat jika pesan pemasarannya betul.

Jika anda ingin hasil yang lebih baik, anda harus merubah informasi di dalam direct mail atau brosur anda, bagaimana mendapatkan perhatian calon pelanggan. Jika anda terus terusan mengirimkan hal yang sama, anda akan mendapatkan hasil yang minimum sementara sebenarnya anda bisa mendapatkan dua puluh kali lipat lebih banyak orang yang merespon dan membeli dari anda.

Apakah anda siap mengetahui cara menciptakan penawaran yang dapat mengatasi setiap keberatan radi calon pelanggan anda? Mulailah dengan menguji direct mail atau brosur anda?

1. Apakah mempunyai headline yang menarik perhatian?

2. Apakah berfokus pada masalah yang dihadapi calon pelanggan?

3. Apakah anda menawarkan solusi yang praktis?

4. Apakah ada testimony dari pelanggan yang telah menggunakan produk atau jasa anda?

5. Apakah anda membuat penawaran yang akan memotivasi calon pelanggan untuk bertindak secepatnya?

Biasanya pembuat iklan/ direct mail melewatkan dua hal berikut. Headline-nya bukanlah masalah yang diperdulikan oleh calon pelanggan jadi mereka tidak melanjutkan membaca lebih jauh untuk mengetahui solusi yang anda berikan. Yang kedua, penawaran yang diberikan tidak memotivasi calon pelanggan untuk mengambil tindakan atau mengadakan pembelian.

Jadi, penawaran seperti apakah yang tak dapat ditolak itu?

Anggap saja point nomor satu sampai nomor empat muncul. Motivator paling besar adalah persepsi calon pelanggan terhadap nilai dari produk atau jasa yang anda sediakan dibandingkan dengan biaya yang harus mereka keluarkan. Dengan kata lain bukanlah harga yang membuat mereka keberatan tetapi calon pelanggan akan piker-pikir dulu ketika nilai produk atau jasa tidak jelas.

Bagaimana anda dapat membantu calon pelanggan memahami nilai yang anda tawarkan?

Kaitkan nilai tersebut dengan masalah yang ingin mereka pecahkan dan ekspresikan nilai ini dengan kata-kata mereka sendiri. Nilai manfaat harus lebih besar dari pada biaya.

Beritahu calon pelanggan tentang apa yang mereka akan dapatkan. Meskipun jika anda akan memberikannya secara gratis, anda masih harus memeberikan alasan yang meyakinkan mengapa anda memberikannya dengan gratis.

Anda mungkin dapat memberikan sesuatu secaragratis hanya untuk mendapatkan data base calon pelanggan, namun suatu saat anda ingin agar orang yang anda berikan gratisan itu membeli dari anda. Penawaran seperti apakah yang akan memotivasi orang untukmembeli?

Berikan sesuatu benar-benar gratis atau hampir gratis.

Kelemahan dari penawaran gratis, bahkan penawaran luar biasa sekalipun adalah kecenderungan untuk menunda. Atasi ini dengan memberikan batasan waktu dalam penawaran anda, maka mereka akan antri untuk memanfaatkan penawaran anda.

2 komentar:

  1. informative post k9k60m1g28 bags replica gucci replica bags wholesale hong kong replica bags in uk helpful site r3t63w2g38 replica zara bags replica bags louis vuitton fake gucci a2m69i6b28 replica bags south africa

    BalasHapus

Pengikut