Jumat, 08 Mei 2009

Bagaiman Memasarkan diri anda ( Personal Branding) ?

Bagaimana menjadi “akhli dan tempat bertanya” di bidang anda

Salah satu cara paling mudah untuk menarik calon pelanggan kedalam bisnis anda adalah menjadi akhli di bidangnya. Islilah AKHLI mendatangkan kredibilitas dan prestise yang akan membuka jalan untuk anda, dan anehnya, untuk menyandang istilah itu relatif mudah. Proses tiga langkah sederhana di bawah ini dapat membantu anda dengan sepat dan mudah menjadikan diri anda akhli di bidang anda.

Step 1: Tentukan ceruk pasar anda (Niche Market)

Dari pada mencoba sebala hal untuk semua orang, persempit focus anda ke hal-hal yang anda sangat kuasai. Salah satu teman saya menjadikan dirinya ahkli di bidang pelatihan kepemimpinan untuk fasilitas water treatment. Ketika dia menceritakan apa yang dia kerjakan, saya Tanya,” Apakah ada uangnya?”. Dia tersenyum dan berkata, “ Setiap kota memiliki fasilitas itu, dan saya satu-satunya ahkli kepemimpinan di bidang itu di seluruh negeri. “Dia sering diliput dalam jurnal-jurnal perdagangan dan diminta untuk berbicara dalam kovensi mereka.

Temukan ceruk pasar anda, dan anda akan mengalahkan kompetisi.

Step 2: Menulis tentang Bidang keahlian Anda

Setelah anda menentukan ceruk pasar anda, mulailah menulis artikel dalam bidang keahlian anda. Setiap hari, puluhan ribu editor, web master dan publiher newsletter mencari artikel yang syarat informasi dan unik. Jika anda dapat menulis artikel yang mengajarkan setiap pembaca tentang industri anda, anda akan menemukan banyak tempat yang akan mempublikasikan artikel anda.

Saya sudah menghabiskan waktu 10 tahun sebagai trainer, ketika suatu hari kedatangan seseorang yang meminta saya untuk menulis di journalnya. Beberapa bulan kemudian, editor lain melihat artikel itu dan meminta apakah dia bisa memprint ulang. Setelah itu, saya mulai mendapat permintaan dari perusahaan di industri tersebut, dan mulailah bola salju menggelinding. Saya kemudian menulis beberapa artikel lagi yang pada akhirnya saya dianggap menjadi akhli di bidang dimana saya tidak mempunyai latar pendidikan formal sama sekali.

Tulislah beberapa artikel dan anda akan manjedi ahkli dibidang apapun.

Step 3: Berbicarasesering mungkin

Ketika artikel anda mulai diterbitkan, anda akan mulai mendapatkan permintaan untuk berbicara lebih sering.

95% dari penduduk memiliki ketakutan berbicara di depan umum. Maka, ketika anda mencuat dan mengatakan apa yang mau anda katakana, dengan cara anda, anda telah melakukan apa yang sebenarnya diinginkan oleh 95% penduduk. Ketika anda berbicara tentang industri anda, anda telah memposisikan diri sebagai akhli mengenai topik itu. Dapatkan kepercayaan dengan cepat.

Ketika anda merasa gugup ketika berbicara didepan banyak orang, ikuti klelas public speaking. Itu akan merupakan investasi terbaik dalam hidup anda, karena semakin percaya diri ketika menjelaskan gagasan, anda akan kelihatan lebih kompeten di depan audien.

Ikuti tiga langkah di atas dan anda akan menjadi seorang akhli di bidang tertentu yang sangat spesifik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut