Sabtu, 04 Juli 2009

Membuat Recana Pemasaran !

Bagaimana Menyusun Rencana pemasaran Usaha Kecil Anda?

Menemukan cara yang paling baik menarik pelanggan baru dalam usaha kecil sangat sulit untuk usaha kecil. Namun sebenarnya anda dapat menarik lebih banyak calon pelanggan dan menjadi jauh lebih sukses hanya dengan satu hal.

Untuk mendapat perhatian, dan kepercayaan calon pelanggan, anda harus menyesuaikan pemasaran anda dengan pola pengambilan keputusan pembelian calon pelanggan anda. Seperti baju yang ukurannya harus pas dengan pemakainya, pemasaran juga harus pas dengan calon pelanggannya.

Berkaca dari pola pengambilan keputusan calon palanggan

Bagaimanakah calon pelanggan anda membuat keputusan pembelian?. Sebuah survey menyebutkan bahwa 86% pengguna Internet mulai search dengan Google. Dari angka itu 63% menggunakan kata/ phrase kunci untuk menentukan web site mana yang mereka cari.

Jika target pasar anda tidak dapat menemukan kata/ phrase kunci yang mereka cari, mereka tidak akan mengontak anda. Meskipun anda sudah berbisnis bertahun-tahun atau memiliki pelanggan yang puas; jika pesan pemasaran anda tidak sesuai dengan bahasa yang digunakan oleh calon pelanggan anda, ribuan orang tidak akan pernah menemukan anda. Ini bisa terjadi meskipun mereka sangat menginginkan produk atau jasa anda.


Pertama
Jika anda ingin agar orang merespon listing search engine, iklan, kartu nama, luangkan waktu untuk menciptakan pesan pemasaran yang bagus, kata-kata yang anda gunakan harus menarik perhatian mereka. Sesuaikan pesan pemasaran anda dengan masalah yang dihadapi calon pelanggan sehingga mereka akan memperhatikan.

Ketika anda telah berhasil menarik perhatian mereka, anda berharap mereka membeli produk atau jasa anda, namun ini tidaklah realistis. Mungkin sebagian kecil calon pelanggan yang sudah kebelet akan membeli setelah kontak pertama dengan anda atau dengan web anda, namun sebagian besar tidak akan demikian. Riset menyatakan bahwa 80% orang yang sedang mencari sesuatu untuk dibeli memerlukan waktu satu minggu sampai empat bulan, 54% diantaranya menghabiskan satu sampai tiga bulan.


Anda mungkin saja berhasil menarik perhatian, namun jika anda tidak dapat mendorong calon pelanggan untuk menghubungi anda, bisnis anda mungkin akan gagal. Anda akan kehilangan lebih dari 80% pembeli potensial.


Apakah perusahaan anda memiliki web site?

Berapa pengunjung web site anda setiap bulan?

Berapa banyak yang mengontak anda?

Untuk usaha kecil, anda dengan mudah dapat menarik 3,000 sampai 20,000 pengunjung dalam satu bulan ke web anda. Biasanya 10 sampai 30% akan terdorong menghubungi anda.

Mungkin saja anda telah menarik perhatian melebihi dari yang anda perlukan. Pastikan anda bisa menangkap mereka sehingga anda bisa memasarkan kepada mereka. Yang anda perlukan adalah membuat suatu system dalam web anda untuk membuat calon pelanggan memberikan informasi kontak mereka.

Kedua
Dorong calon pelanggan anda supaya memberikan informasi kontak mereka. Berikan alasan supaya mereka mengontak anda, misalnya e-book gratis. Ketika calon pelanggan talah memberi informasi kontak mereka, follow up secara reguler untuk membangun kredibilitas perusahaan anda dan memperjelas nilai produk atau jasa anda.

Merubah Status dari Calon Pelanggan Menjadi pelanggan

Ketika anda menyediakan produk atau jasa atau anda, anda mengembangkan produk atau jasa tesebut sesuai dengan kebutuhan calon pelanggan. Sama halnya dengan pemasaran anda. Pemasaran anda harus disesuaikan dengan pola pembelian calon pelanggan anda. Ketika strategi dan materi pemasaran anda sesuai dengan informasi yang dicari calon pelanggan anda, anda akan mendapatkan perhatian dan dapat melakukan penjualan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut